PENGERTIAN FREIGHT FORWARDER
Kegiatan bervariasi tergantung pada jenis dan ukuran perusahaan, secara umum biasanya meliputi:
Menyelidiki dan merencakan rute yang paling tepat untuk pengiriman, dengan mempertimbangkan daya tahan atau berbahaya barang, biaya, waktu transit dan keamanan;
Membuat kemasan yang tepat dengan mempertimbangkan iklim, medan, berat, sifat barang biaya pengiriman dan pergudangan di tempat tujuan;
Menegosiaskani kontrak, biaya transportasi dan standar penanganan;
Memperoleh, memeriksa dan menyiapkan dokumentasi untuk memenuhi segala peraturan dan persyaratan asuransi, spesifikasi pengepakan, dan syarat-syarat lainnya sesuai dengan peraturan rezim fiskal negara di luar negeri;
Menawarkan layanan konsolidasi melalui udara, laut, dan darat, serta memastikan solusi biaya yang efektif dan aman;
Menghubungi pihak ketiga untuk memindahkan barang (melalui jalan darat, kereta api, udara atau laut) sesuai dengan kebutuhan pelanggan;
Mengatur asuransi dan membantu klien dalam hal klaim;
Menawarkan solusi TI dan pertukaran koneksi data elektronik (EDI;
1. Apakah perusahaan freight forwarder yang akan anda pilih cukup besar untuk menangani bisnis global Anda? Berapa banyak kontrak layanan yang mereka miliki?
Freight forwarder adalah agen yang bertindak atas nama
importir, eksportir atau perusahaan atau orang lain untuk mengatur transportasi
yang aman, efisien dan hemat.
Freight forwarder mengatur cara terbaik untuk transportasi,
dengan mempertimbangkan jenis barang dan persyaratan pengiriman. Mereka
menggunakan jasa pelayaran, penerbangan, jalan raya dan operator angkutan
kereta api. Dalam beberapa kasus, perusahaan angkutan forwarding sendiri
menyediakan layanan tersebut. Bentuk perusahaan bervariasi menurut ukuran dan
jenis, yang beroperasi secara nasional, perusahaan lebih khusus, yang berurusan
dengan jenis tertentu barang atau beroperasi dalam wilayah geografis tertentu.
Jenis Kegiatan
Kegiatan bervariasi tergantung pada jenis dan ukuran perusahaan, secara umum biasanya meliputi:
Menyelidiki dan merencakan rute yang paling tepat untuk pengiriman, dengan mempertimbangkan daya tahan atau berbahaya barang, biaya, waktu transit dan keamanan;
Membuat kemasan yang tepat dengan mempertimbangkan iklim, medan, berat, sifat barang biaya pengiriman dan pergudangan di tempat tujuan;
Menegosiaskani kontrak, biaya transportasi dan standar penanganan;
Memperoleh, memeriksa dan menyiapkan dokumentasi untuk memenuhi segala peraturan dan persyaratan asuransi, spesifikasi pengepakan, dan syarat-syarat lainnya sesuai dengan peraturan rezim fiskal negara di luar negeri;
Menawarkan layanan konsolidasi melalui udara, laut, dan darat, serta memastikan solusi biaya yang efektif dan aman;
Menghubungi pihak ketiga untuk memindahkan barang (melalui jalan darat, kereta api, udara atau laut) sesuai dengan kebutuhan pelanggan;
Mengatur asuransi dan membantu klien dalam hal klaim;
Menawarkan solusi TI dan pertukaran koneksi data elektronik (EDI;
Mengatur pembayaran pengiriman dan biaya lainnya atas nama
klien;
memanfaatkan E-commerce, teknologi internet dan sistem
satelit untuk mengaktifkan pelacakan barang setiap saat;
Bertindak sebagai broker yang mempunyai link dan kemampuan
bernegosiasi yang baik di seluruh dunia untuk memandu barang agar terangkut
secara efisien walaupun melalui prosedur yang rumit;
Berurusan dengan pengaturan khusus untuk kelancaran
mengangkut muatan tertentu, seperti ternak, makanan dan obat-obatan;
Bekerja erat dengan pelanggan, kolega dan pihak ketiga
untuk memastikan kelancaran operasional sesuai tenggat waktu;
Melaksanakan komunikasi dan kontrol melalui semua tahapan
perjalanan, termasuk pembuatan laporan manajemen dan analisis biaya statistik
dan satuan;
Bertindak sebagai konsultan di bidang kepabeanan;
Melaksanakan angkutan barang sesuai dengan peraturan dan
undang-undang yang berlaku, mempertimbangkan situasi politik dan faktor-faktor
lain yang dapat mempengaruhi pergerakan barang.
CARA MEMILIH FORWARDER
Anda sebagai importir/eksportir baru Anda akan
dihadapkan pada pilihan dan keputusan yang sulit untuk memilih mitra logistik
yang tepat.
Berikut ini adalah pertanyaan yang harus Anda tanyakan pada
diri Anda sebelum menentukan pilihan Anda:
1. Apakah perusahaan freight forwarder yang akan anda pilih cukup besar untuk menangani bisnis global Anda? Berapa banyak kontrak layanan yang mereka miliki?
Jika barang Anda mau dikirimkan dengan kapal, maka Anda
harus bekerja dengan forwarder yang bekerjasama dengan banyak
operator. Hal ini sangat penting
dalam musim puncak dimana kapasitas ruang angkut sangat terbatas. Jika
forwarder Anda memiliki lebih dari satu pilihan pembawa barang maka peluang
Anda mendapatkan kargo di kapal akan lebih tinggi. Forwarder Anda selalu
dapat menemukan pilihan alternatif jika mereka memiliki banyak operator.
2. Dapatkah freight forwarder
menangani produk anda atau mereka mengkhususkan diri dalam komoditas tertentu?
Pastikan freight forwarder memiliki beberapa pengetahuan
dan pemahaman tentang produk Anda.
3. Apakah freight forwarder
memiliki jaringan agen pada negara asal/negara tujuan?
Memiliki jaringan yang baik (agen) di luar negeri dapat memastikan
kelancaran arus informasi yang membantu Anda untuk tahu di mana produk Anda dan
membantu Anda untuk mendapatkan produk tepat waktu.
4. Apakah perusahaan freight
forwarding kuat secara finansial?
Meskipun Anda adalah pihak yang membayar, Anda harus selalu
memeriksa kekuatan finansial mereka. Kalau perusahaan freight forwarding
tidak kuat secara finansial, maka
seandainya Anda melakukan pembayaran setelah barang Anda terima,
barangkali Anda akan menemukan barang anda belum dikirim karena forwarder tidak
mampu membayar kepada shipper. Keadaan ini menunda pengiriman kargo Anda
yang menyebabkan barang tertahan lama di pelabuhan sehingga Anda terpaksa
membayar lebih besar.
5. Bagaimanakah tingkat
komunikasi dengan freight forwarder?
Apakah Anda mendapatkan layanan pribadi atau Anda terpaksa
harus menelepon dahulu hanya untuk mendapatkan satu jawaban sederhana?. Apakah
mereka beralih panggilan Anda dari satu orang ke orang lain atau Anda memiliki
satu orang yang ditunjuk menangani kargo Anda? Apakah mereka mengangkat
telepon ketika terjadi sesuatu kesalahan atau mereka tak bisa ditemukan?
6. Bagaimana dan kapan waktu
penyelesaian dokumen angkutan?. Apakah Anda mendapatkan informasi
yang Anda butuhkan secara tepat waktu?
7. Dapatkah mereka memberikan
referensi yang baik?
Mintalah referensi, untuk melihat apakah pelanggan mereka
yang lain senang dengan mereka dan apa tingkat kepuasan pelanggan mereka.
8. Apakah freight forwarder
memiliki asuransi kargo?
9. Apakah mereka menetapkan
harga terbaik?
LIHAT PENJELASAN LAINNYA YANG RELEVAN:
- Prosedur Ekspor Barang...
- Beberapa Istilah dalam Ekspor Impor...
- Prosedur Impor Barang...
- Import Undername...
-