Pengertian Area Perdagangan Bebas 'Free Trade Area'
Perekonomian saat ini menunjukkan kecenderungan yang bersifat global. Dalam bidang ekonomi hubungan antar negara atau bangsa-bangsa didunia mulai tidak mengenal batas-batas wilayah negara secara geografis.
Area Perdagangan Bebas 'Free Trade Area' adalah Kumpulan negara-negara yang menetapkan sedikit atau tidak ada
kontrol harga dalam bentuk tarif atau kuota antara satu sama lain. Area
perdagangan bebas yang memungkinkan negara-negara setuju untuk fokus pada
keunggulan kompetitif mereka dan bebas melakukan perdagangan untuk barang
mereka tidak memiliki pengalaman dalam membuat, sehingga meningkatkan efisiensi
dan profitabilitas masing-masing negara.
Manfaat Perdagangan Bebas
1. Perdagangan bebas mempromosikan inovasi dan persaingan.
Perdagangan bebas adalah satu-satunya jenis perdagangan yang benar-benar adil karena menawarkan konsumen yang paling pilihan dan kesempatan terbaik untuk meningkatkan standar hidup mereka. Ini menumbuhkan persaingan, memacu perusahaan untuk berinovasi dan mengembangkan produk yang lebih baik dan untuk membawa lebih banyak barang dan jasa mereka ke pasar, menjaga harga menjadi rendah dan berkualitas tinggi.
Perdagangan bebas adalah satu-satunya jenis perdagangan yang benar-benar adil karena menawarkan konsumen yang paling pilihan dan kesempatan terbaik untuk meningkatkan standar hidup mereka. Ini menumbuhkan persaingan, memacu perusahaan untuk berinovasi dan mengembangkan produk yang lebih baik dan untuk membawa lebih banyak barang dan jasa mereka ke pasar, menjaga harga menjadi rendah dan berkualitas tinggi.
Dengan
mendorong kesempatan bagi Perusahaan untuk memilih dan membangun dirinya dengan
memperluas operasi mereka, memasuki sektor pasar baru, dan menciptakan lapangan
kerja yang lebih baik.
Pertumbuhan ekonomi Negara
maju juga menguntungkan masyarakat di negara-negara miskin yang memiliki akses
ke pasar Negara maju, di mana kedua permintaan untuk barang dan jasa dan
tingkat remunerasi yang jauh lebih tinggi daripada mereka akan di negeri
sendiri. Untuk perdagangan pada
tingkat ini memungkinkan perusahaan yang baru lahir mereka untuk mendapatkan
modal, memicu produksi dan mendorong pengembangan industri baru. Orang miskin mendapatkan kesempatan untuk
mendapatkan upah yang lebih baik, mendapatkan barang lebih banyak, dan
meningkatkan standar hidup mereka.
Perdagangan
bebas mendorong dukungan bagi penegakan hukum. Perusahaan yang terlibat dalam perdagangan internasional
memiliki alasan untuk mematuhi ketentuan kontrak mereka dan internasional
disepakati norma dan hukum. Organisasi Perdagangan
Dunia, misalnya, memaksa negara-negara anggotanya untuk menghormati perjanjian
perdagangan dan, dalam setiap sengketa perdagangan, untuk mematuhi keputusan
tubuh WTO mediasi.
Dengan
mendukung aturan hukum, perdagangan bebas juga dapat mengurangi peluang
terjadinya korupsi. Di negara-negara di
mana kontrak tidak ditegakkan, hubungan bisnis gagal, investor asing melarikan
diri, dan modal tetap pergi. Ini adalah spiral yang
terutama menghambat pembangunan ekonomi di negara-negara di mana korupsi resmi
tersebar luas. Perdagangan juga bisa goyah dengan cepat di negara-negara di
mana petugas bea cukai mengharapkan suap di setiap pos pemeriksaan. ,
Korupsi
dibangun pada segala sesuatu berada di tangan pemerintah. Jadi untuk semua yang Anda inginkan, Anda
perlu izin. Orang yang memberikan
izin menginginkan suap. Orang yang akan
membuat janji untuk Anda menginginkan suap. Dan seterusnya.
Perdagangan
bebas, diperkuat oleh aturan hukum, menghilangkan insentif tersebut untuk
korupsi dengan memacu pertumbuhan ekonomi, meningkatkan jumlah pekerjaan yang
lebih baik dengan gaji, dan pada akhirnya meningkatkan tingkat kemakmuran.
Perdagangan
bebas meningkatkan kesempatan, pilihan, dan standar hidup. Negara-negara dengan ekonomi paling bebas hari
ini
umumnya mengadopsi
model kapitalis pembangunan ekonomi, tetap terbuka untuk perdagangan
internasional dan investasi.
Dalam rangka memenangkan persaingan bisnis di Era Perdagangan Bebas, maka strategi yang harus dilaksanakan oleh setiap perusahaan sebagai berikut:
Strategi Pertama:
Strategi Pertama:
Perusahaan harus menerapkan strategi biaya yang memungkinkan untuk menawarkan produk pada harga yang lebih rendah dibanding pesaing.
Strategi Kedua:
Perusahaan mempunyai harus melaksanakan strategi diferensiasi produk sehingga pelanggan mengerti dan memahami tentang manfaat produk yang membenarkan harga tinggi.
Perusahaan mempunyai harus melaksanakan strategi diferensiasi produk sehingga pelanggan mengerti dan memahami tentang manfaat produk yang membenarkan harga tinggi.
Bagaimana caranya melaksanakan
kedua strategi tersebut, cari jawabannya dengan memeriksa seluruh ulasan, tips,
info pada situs ini.