Rabu, 14 Agustus 2013

STRATEGI MEMENANGKAN PERSAINGAN DI ERA PERDAGANGAN BEBAS



Pengertian Area Perdagangan Bebas 'Free Trade Area'

Perekonomian saat ini menunjukkan kecenderungan yang bersifat global. Dalam bidang ekonomi hubungan antar negara atau bangsa-bangsa didunia mulai tidak mengenal batas-batas wilayah negara secara  geografis. 
Area Perdagangan Bebas 'Free Trade Area' adalah Kumpulan negara-negara yang menetapkan sedikit atau tidak ada kontrol harga dalam bentuk tarif atau kuota antara satu sama lain. Area perdagangan bebas yang memungkinkan negara-negara setuju untuk fokus pada keunggulan kompetitif mereka dan bebas melakukan perdagangan untuk barang mereka tidak memiliki pengalaman dalam membuat, sehingga meningkatkan efisiensi dan profitabilitas masing-masing negara.


Manfaat Perdagangan Bebas
1. Perdagangan bebas mempromosikan inovasi dan persaingan.
Perdagangan bebas adalah satu-satunya jenis perdagangan yang benar-benar adil karena menawarkan konsumen yang paling pilihan dan kesempatan terbaik untuk meningkatkan standar hidup mereka. Ini menumbuhkan persaingan, memacu perusahaan untuk berinovasi dan mengembangkan produk yang lebih baik dan untuk membawa lebih banyak barang dan jasa mereka ke pasar, menjaga harga menjadi rendah dan berkualitas tinggi.

2. Perdagangan bebas meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Dengan mendorong kesempatan bagi Perusahaan untuk memilih dan membangun dirinya dengan memperluas operasi mereka, memasuki sektor pasar baru, dan menciptakan lapangan kerja yang lebih baik.

Pertumbuhan ekonomi Negara maju juga menguntungkan masyarakat di negara-negara miskin yang memiliki akses ke pasar Negara maju, di mana kedua permintaan untuk barang dan jasa dan tingkat remunerasi yang jauh lebih tinggi daripada mereka akan di negeri sendiri. Untuk perdagangan pada tingkat ini memungkinkan perusahaan yang baru lahir mereka untuk mendapatkan modal, memicu produksi dan mendorong pengembangan industri baru. Orang miskin mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan upah yang lebih baik, mendapatkan barang lebih banyak, dan meningkatkan standar hidup mereka.

3.  Perdagangan bebas menyebarkan nilai-nilai demokrasi.

Perdagangan bebas mendorong dukungan bagi penegakan hukum. Perusahaan yang terlibat dalam perdagangan internasional memiliki alasan untuk mematuhi ketentuan kontrak mereka dan internasional disepakati norma dan hukum. Organisasi Perdagangan Dunia, misalnya, memaksa negara-negara anggotanya untuk menghormati perjanjian perdagangan dan, dalam setiap sengketa perdagangan, untuk mematuhi keputusan tubuh WTO mediasi.

Dengan mendukung aturan hukum, perdagangan bebas juga dapat mengurangi peluang terjadinya korupsi. Di negara-negara di mana kontrak tidak ditegakkan, hubungan bisnis gagal, investor asing melarikan diri, dan modal tetap pergi. Ini adalah spiral yang terutama menghambat pembangunan ekonomi di negara-negara di mana korupsi resmi tersebar luas.  Perdagangan juga bisa goyah dengan cepat di negara-negara di mana petugas bea cukai mengharapkan suap di setiap pos pemeriksaan. ,

Korupsi dibangun pada segala sesuatu berada di tangan pemerintah. Jadi untuk semua yang Anda inginkan, Anda perlu izin. Orang yang memberikan izin menginginkan suap. Orang yang akan membuat janji untuk Anda menginginkan suap. Dan seterusnya. 

Perdagangan bebas, diperkuat oleh aturan hukum, menghilangkan insentif tersebut untuk korupsi dengan memacu pertumbuhan ekonomi, meningkatkan jumlah pekerjaan yang lebih baik dengan gaji, dan pada akhirnya meningkatkan tingkat kemakmuran.

4. Perdagangan bebas mendorong kebebasan ekonomi.
Perdagangan bebas meningkatkan kesempatan, pilihan, dan standar hidup. Negara-negara dengan ekonomi paling bebas hari ini  umumnya mengadopsi model kapitalis pembangunan ekonomi, tetap terbuka untuk perdagangan internasional dan investasi. 


Dalam rangka memenangkan persaingan bisnis di Era Perdagangan Bebas, maka strategi yang harus dilaksanakan oleh setiap perusahaan sebagai berikut: 

Strategi Pertama:
Perusahaan harus menerapkan strategi biaya yang memungkinkan  untuk menawarkan produk pada  harga yang lebih rendah dibanding pesaing.

Strategi Kedua:
Perusahaan mempunyai harus melaksanakan strategi diferensiasi produk sehingga pelanggan mengerti dan memahami tentang manfaat produk yang membenarkan harga tinggi.


Bagaimana caranya melaksanakan kedua strategi tersebut, cari jawabannya dengan memeriksa seluruh ulasan, tips, info pada situs ini.