Sabtu, 17 Agustus 2013

CARA PEMASARAN UNTUK MENDAPAT KEPERCAYAAN KONSUMEN

Setiap pengusaha bertujuan agar perusahaannya mendapatkan keuntungan yang maksimal. Karena itu jika pengusaha menginginkan agar usahanya dapat berjalan lancar dan konsumen berpandangan baik terhadap produk perusahaannya, maka harus dilakukan kegiatan pemasaran yang baik serta terbukti perusahaannya dapat memberikan kepuasan kepada konsumen.


Membangun kepercayaan dengan konsumen merupakan elemen penting dari kesuksesan. Berikut adalah enam cara praktis untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen:

1. Hormati dan tepati janji. Banyak perusahaan yang mengobral banyak janji,  tetapi hanya sedikit yang ditepati. Jika Anda terus memberikan janji tetapi tidak ditepati. Maka hanya tinggal masalah waktu, pelanggan akhirnya tidak akan percaya apa pun yang Anda katakan.

2. Pilih bahasa yang tepat dan menarik.  Banyak konsumen yang sudah bosan dan lelah dengan pesan pemasaran yang anda lakukan. Mereka telah melihat dan mendengar semuanya. Anda juga dapat menggunakan humor atau seni untuk mendapatkan kepercayaan, asalkan dapat membawa pesan yang membuat pelanggan mengingat Anda.

3. Menjaga hubungan baik. Kontak pribadi adalah cara terbaik untuk menjaga hubungan dengan pelanggan. Sering melakukan kontak telepon, sering mengirim kartu ucapan selamat pada hari-hari besar,. sering mengirim surat elektronik (email) pribadi akan lebih efektif dalam mempertahankan dan membangun kepercayaan pelanggan.

4. Dapatkan pelanggan yang mau menjamin. Untuk mengatasi kecurigaan dan mendapatkan kepercayaan konsumen, cantumkan komentar positif para pelanggan tentang produk anda, lengkap dengan nama dan alamat pelanggan tersebut. Cara ini dapat membuktikan kepada calon konsumen bahwa orang tersebut  puas menggunakan produk Anda.

6. Gunakan karyawan sebagai pembawa misi. Semua cara terbaik tentang bagaimana melayani pelanggan juga berlaku untuk staf. Perlakukan karyawan dengan baik, agar mereka ingin berinteraksi dengan pelanggan. Kemana-mana karyawan pergi, mereka pasti akan berbicara tentang kebaikan dan manfaat perusahaan Anda.