Kamis, 15 Agustus 2013

CARA MEMILIH MODEL BISNIS


Model Bisnis

Model bisnis menjelaskan cara di mana perusahaan dapat menghasilkan uang. Sebuah model bisnis bisa sederhana atau sangat komplek. Model bisnis sebuah restoran adalah untuk menghasilkan uang dengan memasak dan melayani makanan untuk pelanggan lapar. Model bisnis sebuah situs web mungkin tidak begitu jelas, karena ada banyak cara untuk dapat menghasilkan pendapatan. Contohnya, beberapa situs menghasilkan uang (atau mencoba) dengan menyediakan layanan gratis dan kemudian menjual iklan untuk perusahaan lain, sedangkan orang lain tersebut mungkin menjual produk atau jasa secara langsung kepada pelanggan online.

Sebelum kita menetapkan model bisnis yang akan  kita laksanakan, ada beberapa yang harus kita jawab:


 ·        Siapa target pelanggan kita?
 ·        Apa permasalahan pelanggan atau tantangan  yang harus kita pecahkan?
 ·        Berapa modal yang harus kita sediakan?
 ·        Bagaimana kita akan mencapai, memperoleh, dan mempertahankan pelanggan?
 ·        Bagaimana  akan  menentukan dan membedakan penawaran kita?
 ·        Bagaimana kita akan menghasilkan pendapatan?
 ·        Bagaimana struktur biaya kita?
 ·        Berapa margin keuntungan kita?

Bagaimana kita akan mendapatkan uang adalah salah satu bagian dari model bisnis.  Beberapa perusahaan beroperasi sampai berbulan-bulan (bahkan bertahun-tahun) menghabiskan uang tunai sebelum mendapatkan pendapatan. Karena itu, model bisnis harus mempunyai jadwal dan syarat sebagai berikut:

· Harus mempunyai modal awal yang cukup ketika mendirikan bisnis

· Darimana kita akan dapatkan sumber dana untuk modal awal tersebut.
· Harus mempunyai jadwal yang tepat dan pasti kapan akan mendapat pendapatan.
Sebuah model bisnis yang efektif juga memperhitungkan bagaimana cara pelanggan akan membayar. Ketika pelanggan membeli produk atau layanan, mereka biasanya memiliki sejumlah pilihan pembayaran. Pilihan yang paling umum adalah secara tunai atau mencicil  secara bulananan. Dalam beberapa bisnis, pelanggan juga memiliki pilihan, misalnya sistim prabayar.
Setiap pilihan memiliki konsekuensi keuangan yang mempengaruhi model bisnis. Ketika kita menetapkan cara pembelian untuk kita tawarkan kepada pelanggan, pertimbangkan bagaimana setiap pilihan akan mempengaruhi pendapatan.
Beberapa model bisnis adalah setua pasar itu sendiri, yang lainnya masih baru seperti Internet. Beberapa model bisnis telah melewati ujian waktu, yang lainnya masih eksperimental.
Model bisnis  paling sederhana adalah menciptakan produk dan menjualnya langsung ke konsumen. Model-model lainnya adalah melibatkan penjual grosir ke pengecer, penjualan melalui distributor, lisensi produk untuk perusahaan lain, penjualan online, penjualan melalui lelang, dan banyak alternatif lain. Tidak ada satu ukuran cocok untuk semua solusi yang ada. Bahkan, sebagian besar perusahaan menggunakan beberapa kombinasi model bisnis untuk mendapat  suatu model yang unik.